Home > Tips > Strategi Tepat Jualan Online Saat Hari Valentine Biar Makin Cuan

Strategi Tepat Jualan Online Saat Hari Valentine Biar Makin Cuan

By Marketing | February 10th 2022, 09:47:15 PM

Februari adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan di seluruh dunia, terutama muda-mudi. Pasalnya, tanggal 14 pada bulan kedua dalam tahun masehi ini diperingati sebagai Hari Valentine yang dilambangkan menjadi hari penuh cinta dan kasih sayang. Nggak sedikit orang yang menanti-nantikan Hari Valentine untuk menyatakan cinta atau memberikan kejutan kepada pasangan sebagai bentuk ungkapan kasih sayang. 


Rupanya bukan hanya pasangan kekasih, para pelaku bisnis online juga ikut menantikan Hari Valentine untuk meraih keuntungan, yaitu dengan mengadakan promosi untuk produk dan servis yang mereka tawarkan. Termasuk #TemanOnlineSeller juga kan, pastinya? Karena pada momen perayaan ini, tingkat konsumsi customer akan meningkat. Namun, untuk membuat promosi yang tepat sasaran, kamu tentu butuh merancang strateginya terlebih dahulu. Kamu nggak perlu khawatir, karena MinJe sudah rangkumkan strategi jualan online saat Hari Valentine untukmu. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!


Berikan Diskon Khusus untuk Pasangan

Kamu bisa berikan diskon khusus bagi calon pembeli atau pelanggan yang memiliki pasangan untuk menarik minat mereka berbelanja di online shop milikmu. Selain diskon pasangan, kamu bisa memberikan paket bundling produk yang bisa digunakan bersama pasangan mereka. Misalnya kamu menjual produk skincare wanita, coba deh, tambahkan produk skincare yang bisa digunakan oleh pacar atau suami mereka. Kamu juga bisa menambahkan pesan bahwa produkmu bisa digunakan di Hari Valentine untuk quality time bersama pasangan. 


Tentukan Promo yang Sesuai dengan Pembeli

Tau nggak, sih? Konsumen itu bersedia membeli lebih banyak kalau mereka dapat a really good deal or promotion lho, #TemanOnlineSeller. Kalau kamu memasang promo yang menurut mereka bagus secara kualitas dan pas di kantong, mereka nggak akan ragu untuk berbelanja di tokomu. So, kamu perlu menyesuaikan jenis promo dengan target konsumenmu dan memberikan profit yang menguntungkan buat bisnismu. Nih, MinJe kasih beberapa ide promo yang bisa kamu coba saat Valentine nanti: buy 1 get 2, diskon 14%, diskon buat jomlo, promo bareng pasangan, bundling paket Valentine, gift tambahan khas Valentine.


Buat Kontes atau Giveaway Spesial Valentine

Kontes, kuis, atau giveaway masih menjadi cara yang efektif untuk menarik perhatian calon pembeli mampir ke online shop kita, ya. Termasuk kamu yang pengin menaikkan followers. Kamu bisa mencoba membuat kontes foto bareng pasangan untuk memenangkan voucher untuk berbelanja di online shop-mu. Ide lainnya bisa berupa kuis-kuis bertema Valentine, membuat caption atau komentar romantis, ide nge-date bareng pasangan, atau cerita cinta berkesan. Manfaatkan juga platform video-based seperti TikTok dan Instagram Reels untuk men-challenge peserta agar lebih kreatif. Hasil kirim video mereka bisa kamu gunakan sebagai UGC (User Generated Content) untuk kamu repost ulang, deh. Kamu punya kontes dan giveaway lainnya?


Berikan Kejutan Hadiah Valentine dalam Paket

Siapa sih, yang nggak suka dikasih kejutan hadiah? Pembeli akan senang jika kamu melakukannya kepada mereka. Mumpung momennya pas, kamu bisa menunjukkan rasa terima kasih dan  sayangmu dengan memberikan hadiah tambahan dalam paket karena mereka sudah mendukung bisnismu dengan cara membeli. Sedikit cokelat, setangkai bunga, kartu ucapan, dan hadiah kecil lainnya bisa membuat mereka di-notice dan diapresiasi, lho. Kalau mereka senang dengan kejutan darimu, mereka nggak akan ragu untuk mem-posting-nya di media sosial. Keuntungannya buatmu adalah kamu dapat endorse secara cuma-cuma, deh. 


Jaminan Barang Sampai Sebelum 14 Februari

Tip terakhir yang pasti disukai oleh customer adalah jaminan paket sampai dengan cepat dan aman. Beri jaminan bahwa barang yang mereka pesan akan sampai sebelum atau tepat saat tanggal 14 Februari. Sebagian dari pembeli mungkin ada yang membeli hadiah Valentine untuk pasangannya dan tentu berharap paketnya tersebut dapat sampai tepat di tanggal 14. Kalau paketnya telat sampai, momen romantisnya juga sudah keburu berlalu. #TemanOnlineSeller nggak mau kan, membuat pembeli kecewa? 


Itulah lima strategi bisnis online saat Valentine yang bisa kamu terapkan untuk menambah cuan dari MinJe. Kalau kamu punya strategi atau tips lainnya, silakan di-share di Instagram @jdlexpressid, ya. Happy Valentine

More from Tips