Home > Tips > Penyebab Kegagalan dalam Bisnis Online

Penyebab Kegagalan dalam Bisnis Online

By Marketing | March 20th 2020, 12:06:47 PM

Memulai sebuah bisnis jual beli online bisa menjadi solusi bisnis yang membutuhkan sedikit modal, cepat dan relatif mudah dijalankan. Meskipun begitu, menjalankan bisnis jual beli online ini juga mempunyai risiko kegagalan yang sangat tinggi. Faktanya, menurut statistik dari Forbes, 80% bisnis online gagal di tahun pertama. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kegagalan dalam bisnis online. Baik faktor internal yang murni berasal dalam diri pelaku bisnis, maupun faktor eksternal yang berkaitan dengan pasar maupun konsumen.

Selain dibutuhkan konsep dan framework bisnis yang tertata, kamu juga harus mengenali hal-hal yang cenderung dapat menyebabkan gagal dalam bisnis online. Terlebih bagi para pemula yang masih mencari atau bahkan belum terjun ke dunia bisnis secara lebih jauh. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis online. Nah, dalam artikel kali ini kita akan mencoba membahas apa saja sih faktor yang menyebabkan bisnis online gagal. Yuk, simak artikel ini supaya bisnis online kamu bisa bertahan lama!

1.       Produk kurang fokus

Alasan pertama penyebab kegagalan berbisnis online yang harus kamu ketahui adalah menawarkan banyak jenis produk yang tidak relevan satu sama lain. Ini bukan hanya akan membuat bisnis online jadi tidak punya ciri khas yang bisa diingat oleh pelanggan, tapi juga jadi terlihat kurang terpercaya. Jadi, lebih baik kamu fokus untuk menjual satu jenis produk, tapi terus berinovasi dan berkreasi untuk memberikan kualitas yang terbaik.

 

2.       Tidak punya keunikan

Faktanya, bisnis online yang tidak punya keunikan akan sangat sulit untuk bersaing dengan kompetitor, termasuk dengan brand ternama yang sudah mempunyai basis pelanggan yang besar dan loyal. Untuk membuat bisnis online kamu unik, termukan niche khusus lalu tawarkan produk dengan ciri khas yang berbeda dengan produk lain di pasaran. Pastikan kualitas produk dan brand kamu terwakili oleh kemasan yang kreatif dan inovatif.

 

3.       Fotografi produk yang buruk

Pembeli online tidak bisa secara fisik memeriksa produk yang kita jual, sehingga mereka akan membutuhkan representasi visual yang kuat dari produk-produk tersebut. Oleh karena itu, fotografi produk yang baik merupakan salah satu hal yang penting dalam bisnis online.

 

4.       Kurangnya investasi

Menjalankan bisnis online mungkin hanya membutuhkan sedikit uang, tapi kamu juga harus menyediakan dana tersendiri yang dikhususkan untuk menunjang kesuksesan bisnis online yang kamu miliki. Kebanyakan pelaku bisnis online pemula hanya berpikir dengan mempunyai sedikit modal untuk produk dan memiliki toko online sudah cukup untuk menjadi sukses. Namun, kenyataannya kamu masih harus membutuhkan banyak modal untuk marketing, menambah produk yang lebih lengkap, atau mungkin modal untuk menggaji karyawan yang membantu operasional toko kamu.

     

5.       Manajemen keuangan buruk

Bagi semua bisnis online, baik dengan anggaran besar maupun kecil, manajemen keuangan menjadi faktor penentu kesuksesan di masa depan. Salah satu menyebab kegagalan, yaitu terlalu banyak membeli stok produk, tapi terlalu berhemat dalam urusan marketing, sehingga akhirnya barang menumpuk tanpa ada yang membeli.

 

6.       Kurangnya traffic

Ini adalah alasan yang cukup fatal, karena mempunyai toko online saja tidak akan membuat pelanggan otomatis berdatangan untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Meskipun sudah menawarkan produk berkualitas, tanpa traffic maka tidak akan ada yang membeli. Untuk mendorong traffic, kamu perlu meningkatkan brand awareness dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan potensial melalui promo dan marketing.


7.       Tidak sabar

Sebuah bisnis online membutuhkan waktu untuk berkembang. Kebanyakan pelaku bisnis membayangkan bahwa mereka akan mendapat keuntungan dengan cepat. Namun, itu biasanya tidak selalu terjadi. Kenapa? Karena dibutuhkan beberapa bulan atau bahkan tahun untuk mendapatkan keuntungan.

More from Tips