Home > Tips > Format Penulisan Alamat Tujuan Paket yang Baik dan Benar

Format Penulisan Alamat Tujuan Paket yang Baik dan Benar

By Marketing | April 1st 2020, 06:08:25 PM

Di era globalisasi seperti ini, kegiatan jual-beli tidak lagi terjadi antara penjual dan pembeli di pusat perbelanjaan saja. Namun, kegiatan ini dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Saat ini, sistem jual-beli online sudah tidak asing lagi. Bagi orang-orang yang sudah sering berjualan online, mengirimkan paket bukanlah suatu hal yang sulit. Bahkan sudah menjadi rutinitas setiap harinya. Namun sebaliknya, jika belum terbiasa mungkin akan sedikit bingung. Apa saja yang harus disiapkan agar paket bisa sampai tanpa masalah? Di luar persiapan packing, hal lain yang harus diperhatikan adalah penulisan alamat.

Kenapa kita harus menuliskan alamat tujuan barang dengan baik dan benar sesuai dengan standar yang berlaku? Karena jika salah, maka paket bisa saja tidak sampai ke alamat tujuan, bahkan bisa hilang. Selain itu, menuliskan alamat pengiriman yang baik dan benar akan mempermudah kurir atau ekspedisi yang bertugas mengantarkan barang agar selamat sampai tujuan. Penulisan yang salah akan sangat berdampak pada estimasi waktu pengiriman, karena kurir harus melakukan cross check terlebih dahulu.

Sebenarnya menulis alamat paket itu sangatlah sederhana. Sayangnya, masih sering terjadi kesalahan ketika men-input alamat customer dengan benar.

Seperti yang sudah kita ketahui, alamat adalah bagian penting bagi jasa pengiriman. Agar paket kamu tiba sesuai tujuan, ada beberapa tips yang harus kamu pahami. Yuk, lihat tipsnya di bawah ini!

Hal-hal yang perlu kamu tulis:

  1. ·         Nama penerima
  1. ·         Alamat
  1. ·         Nomor telepon

Namun, penulisan alamat menjadi hal krusial jika tidak ditulis dengan lengkap. Pastikan kamu mencantumkan hal-hal detail seperti ini, ya!

- Nama jalan

- Perumahan atau nama tempat (jika ada)

- RT dan RW

- Desa atau kelurahan

- Kecamatan

- Kota atau kabupaten

- Provinsi

- Kode pos

- Negara (Optional kalau memang diperlukan)

Bagi yang belum tahu, setiap format tersebut memiliki fungsi tersendiri:

·     - Nama penerima: Saat mengantar barang sesuai dengan alamat yang tertera di paket, kurir akan memastikan bahwa alamat tersebut sudah sesuai dengan nama penerima.

·      - Alamat: Kamu pasti sudah bisa membayangkan sendiri, tanpa alamat tentu saja paket tidak bisa dikirim. Kalau semuanya sudah lengkap, jangan lupa untuk mencantumkan kode pos untuk mempermudah kurir mencari wilayah yang akan dituju.

·        - Nomor telepon: Jika penerima paket tidak sedang berada di alamat tujuan, kurir dapat menghubungi melalui telepon untuk melakukan konfirmasi terhadap barang yang dikirimnya.

Nah, mulai sekarang, jangan sampai keliru lagi ya, saat menuliskan alamat. Tidak hanya mempermudah kurir, namun alamat yang baik dan benar juga akan mempersingkat estimasi waktu pengiriman serta keamanan dan kejelasan paket juga bisa dipastikan. 

More from Tips