Home > Tips > Curi Perhatian Calon Pembeli dengan Kata-kata Menarik

Curi Perhatian Calon Pembeli dengan Kata-kata Menarik

By Marketing | January 6th 2022, 12:05:27 AM

Tips #1 - Gunakan Kalimat yang Lebih Personal

Kesan atau perhatian pertama calon pembeli bukan cuma dari visual atau foto produk yang menarik, tetapi juga lewat kata-kata atau kalimat yang mampu menggugah ketertarikan mereka. Makanya, copywriting termasuk salah satu skill yang juga perlu dikuasai oleh seorang pebisnis online


A word does matter. Satu kata tepat yang kamu gunakan bisa memengaruhi image toko/brand atau bahkan penjualanmu lho, #TemanOnlineSeller. Tips pertama yang ingin JDL Express ID bocorkan untukmu adalah: gunakan kalimat yang lebih personal. Cobalah memaparkan produk dari sudut pandang pembeli, bukan dari kamu sebagai brand/penjual. Caranya dengan menggunakan kalimat yang santai dan sederhana, menggunakan kata-kata sehari-hari yang akrab di telinga dan mata pembeli. Contohnya seperti: “Mau bergaya gak perlu nunggu kaya! Temukan produk fashion keren harga bersahabat cuma di @mycloset!”



Tips #2 - Gunakan Kalimat yang Mengandung Solusi Bagi Customer

Tips copywriting yang kedua agar calon pembeli tertarik membeli produk atau menggunakan jasamu adalah dengan memberikan kalimat yang solutif. 


Sebelum memutuskan untuk membeli, biasanya calon customer akan mencari tahu solusi apa yang ditawarkan oleh produkmu di antara produk yang serupa lainnya. Sederhananya, sebagai penjual kita perlu menampilkan kegunaan serta keunggulan produk kita yang disampaikan melalui copywriting yang tepat. 


Contohnya seperti kalimat berikut ini:

"Tanamanmu lama berbunga? Serum tanaman dari MyPlants solusinya! Serum organik ini mampu merangsang pertumbuhan daun dan bunga dalam dua minggu. Pesan sekarang, gratis ongkir!"


Yuk, kita coba berlatih!



Tips #3 - Gunakan Kalimat yang Mampu Menggugah Emosi dan Urgensi Customer

Setelah memahami tips pertama dan kedua, tips copywriting selanjutnya yang perlu dikuasai oleh seorang #TemanOnlineSeller adalah membuat kalimat jualan yang menggugah emosi dan urgensi calon pembeli. 


Contoh kalimatnya bisa seperti ini:

"5 alasan kenapa harus coba serum tanaman MyPlant sekarang juga!"


Untuk mempraktikkan tips ketiga ini, kita harus melibatkan emosi, seperti sedih, senang, terharu, terhibur, menggelitik, serta memicu pendapat dari customer--apakah mereka setuju atau tidak dengan copy yang kita buat. 


Apa #TemanOnlineSeller punya contoh copy yang lainnya?

More from Tips