Home > Tips > Aplikasi di Smartphone yang Wajib Dimiliki Seller Olshop

Aplikasi di Smartphone yang Wajib Dimiliki Seller Olshop

By Marketing | August 13th 2019, 03:46:07 PM

Bisnis online semakin digemari karena kemudahan mengelolanya. Saat bisnis konvensional memerlukan persiapan dan usaha yang besar, bisnis online menawarkan pengalaman berbisnis hanya dalam genggaman tangan. Kemajuan teknologi tentunya sangat berkontribusi dalam membangun pengalaman baru berbisnis. Kemudahan berbisnis online yang sudah disediakan oleh teknologi ini didukung oleh munculnya berbagai aplikasi di smartphone. Tapi, tanpa ada panduan yang tepat dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut, kamu akan mengalami kesulitan.

Dalam artikel ini, JDL Express Indonesia mau kasih kamu panduan aplikasi smartphone apa saja yang perlu kamu miliki sebagai penjual online. Simak baik-baik, ya!

1.      Aplikasi Media Sosial

Media sosial menjadi pilihan pertama untuk seller sebagai tempat berjualan. Kemudahan akses dan registrasi yang gratis membuat media sosial digemari oleh seller. Apalagi sekarang media sosial seperti Facebook dan Instagram dilengkapi oleh fitur yang dikhususkan untuk berjualan online. Di samping seller, pembeli juga merasa dimudahkan oleh fitur belanja online dari media sosial. Hanya dalam satu klik tanpa perlu ribet oleh banyak step dan membuka banyak tab, pembeli bisa langsung mendapatkan barang yang mereka cari.

 

2.      Aplikasi Desain Grafis

Teknik foto produk yang baik aja enggak cukup. Kamu perlu melengkapinya dengan aplikasi desain grafis yang dengan mudah dan tanpa biaya bisa kamu dapatkan di Google Store atau App Store. Aplikasi desain grafis berfungsi untuk mempertegas warna, menambah layout menarik, hingga menambah elemen lainnya pada foto produk seperti keterangan berupa ukuran, warna, dan harga produk. Rekomendasi aplikasi desain grafis keren yang bisa kamu coba antara lain ada VSCO Cam, PhotoGrid, Canva, Light Room, Snapseed, PicsArt. Sekarang juga marak aplikasi desain khusus untuk Instagram Stories. Kamu juga perlu download nih, biar stories-mu jadi semakin eye catching! Kalau aplikasi desain grafis, Instagram Stories, aplikasi berikutnya yang jangan sampai ketinggalan buat mempercantik foto produkmu adalah aplikasi watermark. Fungsi dari aplikasi ini adalah agar fotomu enggak dicuri dan disalahgunakan oleh pihak lain.

 

3.      Aplikasi Save Instagram Post

Aplikasi ini wajib banget dimiliki oleh para dropshipper. Karena kamu enggak menyimpan produk sebagai stokmu sendiri, aplikasi save Instagram post memudahkan kamu untuk men-download foto produk dari supplier atau reseller yang kamu pilih. Tapi, jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu untuk mengambil foto produk mereka dan menggunakannya sebagai katalog di akun media sosialmu. Setelah mendapatkannya, kamu bisa mempercantik foto dengan aplikasi desain grafis yang sebelumnya sudah kamu download di smartphone-mu.

 

4.      Aplikasi Social Media Marketing

Media sosial memberikan peluang untukmu agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Penyebaran informasi toko online-mu pun bisa menjangkau pelanggan di luar kota, bahkan di luar pulau dan negara. Untuk mencapai sebanyak-banyaknya pelanggan, jangan cuma menggunakan satu media sosial aja. Di samping Facebook, gunakan juga Instagram dan blog sebagai tempat jualan pendukung. Dengan banyak media sosial yang kamu gunakan, masalah yang akan muncul adalah kamu akan merasa kerepotan untuk mengurus semua media sosial tersebut dan akan menyita waktumu untuk mengurus hal lainnya. Solusi dari masalah ini adalah aplikasi social media marketing yang bisa digunakan untuk multi-channel sehingga kamu enggak repot mengurus semuanya sendiri. Keunggulan aplikasi social media marketing antara lain dapat membantumu mengatur profil, menjadwalkan post, memposting konten secara otomatis, hingga auto-reply. Beberapa aplikasi bahkan bisa menyediakanmu data insight dan analytic sendiri. Rekomendasi aplikasi social media marketing yang bisa kamu coba: Hootsuite, Buffer, Social Baker, Sprout Social.

 

5.      Aplikasi Chatting

Siapa yang setuju kalau nerima pesanan dan melayani pelanggan via telepon itu pasti ribet? Kalau jawabanmu iya, maka kamu perlu men-install aplikasi chatting untuk memudahkanmu bertransaksi dengan pelanggan. Melalui aplikasi chatting, kamu juga bisa tetap menjalin hubungan baik dengan para pelangganmu yang sudah pernah membeli sebelumnya, yaitu dengan cara mengirimkan informasi soal produk baru, pre-order, atau promo yang lagi kamu adakan. Tapi, jangan gunakan akun chatting pribadimu buat mengelola olshop-mu supaya kamu tetap kelihatan profesional dan data pribadimu enggak tersebar luas. Rekomendasi aplikasi chatting yang banyak digunakan olshop antara lain WhatsApp, LINE, dan Messenger yang terhubung langsung dengan akun Facebook. Ketiga aplikasi ini bisa kamu set agar dapat membalas otomatis biar komunikasi berjalan lancar.

 

6.      Aplikasi Mobile Banking

Transaksi jual-beli online pasti enggak terlepas dari kebutuhan transfer antar-bank. Jadi aplikasi yang satu ini beneran enggak boleh sampai enggak ada di smartphone-mu! Adanya aplikasi mobile banking ini, kamu jadi bisa mengetahui setiap transferan yang masuk dan keluar. Setiap transaksi terekam dengan baik dan dikabarkan secara real time. Manfaat lainnya dari mobile banking adalah untuk mencegah penipuan bukti transaksi/transfer ATM palsu, karena kamu bisa mencek langsung jumlah saldo saat itu juga. Kamu enggak perlu lagi bolak-balik ke ATM buat mencek seluruh transaksi.

 

7.      Aplikasi Tracking Paket

Bisnis online shop membutuhkan jasa ekspedisi sebagai partner untuk mengirim dan menerima paket. Lengkapi juga smartphone-mu dengan aplikasi dari semua jasa ekspedisi yang kamu gunakan. Kamu bisa melacak dan memonitor sendiri paket customer-mu mulai dari paket di-pickup hingga sampai di tempat tujuan. Sekarang ini perusahaan ekspedisi sudah melengkapi layanan mereka dengan aplikasi yang tersedia di Play Store dan Apple Store, jadi kamu enggak perlu menceknya melalui website. Tampilan aplikasi tracking paket biasanya dibuat lebih mudah dan nyaman untuk digunakan dibandingkan dengan tampilan via website.

 

8.      Aplikasi Finansial

Supaya arus keuanganmu selalu sehat, sekarang banyak aplikasi finansial yang bisa membantumu mengurus finansial. Pemasukan dan pengeluaran jadi tercatat dengan baik, sehingga kamu tau dengan pasti setiap rinciannya. Aplikasi finansial seperti Money Lover dan Quickbooks akan memudahkanmu ketika memantau, mengatur, hingga merencanakan keuangan. Kalau kamu mulai merasa kewalahan dengan catatan manual keuangan olshop-mu, enggak ada salahnya sekarang beralih menggunakan aplikasi finansial tersebut.

 

9.      Aplikasi Notes

Sama halnya dengan aplikasi finansial, aplikasi notes seperti Evernote dan Google Keep bisa kamu andalkan untuk mencatat seluruh kegiatan, to-do-list, pesanan customer, rencana penjualan, memo penting, dan hal lainnya. Buat kamu yang masih nyaman dengan catatan manual, aplikasi notes ini bisa jadi pendamping ketika kamu berada di luar seperti saat meeting dan mengharuskanmu mencatat dengan cepat. Aplikasi notes yang kami rekomendasikan bisa langsung sinkron ke berbagai perangkat dan pastinya enggak bikin ribet. Kamu juga bisa mencatat berbagai format berdasarkan kategori dan mengaksesnya melalui personal computer-mu.

 

10.  Aplikasi Marketplace

Terakhir, aplikasi marketplace biar toko online kamu semakin viral. Dengan bergabung dengan berbagai marketplace, informasi toko online-mu memiliki kesempatan untuk kian tersebar. Keuntungan lainnya bergabung dengan marketplace adalah dapat digunakan gratis serta menyediakan berbagai fitur yang enggak kamu dapatkan di media sosial biasa, seperti eksposur toko, testimoni produk, listing produk berdasarkan kategori, dan menyediakan pasang iklan gratis. Apalagi sekarang ini marketplace berlomba-lomba dalam mengembangkan komunitas seller yang bergabung dengan mereka dan memfasilitasi seller dengan berbagai fitur dan seminar yang berguna buat perkembangan bisnis online seller

More from Tips